Sabtu, 12 Desember 2015

program data barang dengan c++



DATA BARANG GUDANG ( C++ )



 




Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Program data gudang adalah Program untuk memasukkan data-data yang belum dimasukkan ke dalam gudang dan juga untuk meng-edit data-data apabila ada kesalahan ketika memasukkan ke dalam data gudang dan beberapa operasi yang lainnya. Program ini bertujuan untuk memudahkan dalam pendataan gudang dalam jumlah yang besar.

A. PEMBAHASAN 

  Dalam bagian ini saya akan menjelaskan tentang program sederhana yang saya buat 

>> Untuk yang pertama-tama pengoperasian tentang fungsi yang akan digunakan di tampilan menu data gudang. Yaitu masukkan barang, data barang, update, hapus, cari data. dan khusus untuk memasukkan datanya harus menggunakan fungsi “class” untuk memanggil satu data yang ingin jadi patokan dalam memanggil.

1. TAMPILAN UNTUK MENU UTAMA 

>> dan ini adalah program untuk menampilkan menu yang ingin di pilih dengan menggunakan “switch-case” untuk pilihan program yang ingin dijalankan.dan disini ada program untuk membuat file data agar bisa menyimpan data-data yang telah di-input dengan menampilkannya atau apapun yang ingin di operasikan (char namaFile[20]="DataGudangDASA.txt"; ).






2. TAMPILAN UNTUK MEMASUKKAN DATA

>> untuk selanjutnya kita pilih dengan pilihan yang pertama yaitu dengan memasukkan data barang ke dalam file “ DataGudangDASA.txt ” ketika disini kita cuma memanggil fungsi ” MasukkanDataDASA “ yang telah di inputkan dalam fungsi “ class” .



Contoh :barang yang dimasukkan code: 12, nama barang: gelas, banyak: 10, harga: 5000.

4. TAMPILAN UNTUK MEMPERLIHATKAN DATA YANG DI-INPUT

>> Program ini untuk menampilkan data-data yang telah di-input pada program “ Masukkan Data Barang “ dan data disimpan pada file “ txt “ yang mana data hanya untuk menampilkan data-data barang yang ingin dilihat dengan “ ifsteam “ dengan kata kunci “if.open” maka akan membaca file yang telah disimpan pada type data “ ofstream “ ketika memasukkan data.





5. TAMPILAN UNTUK MENCARI DATA BARANG

>> progam ini untuk mencari data yang telah di simpan di file, dengan menggunakan kata kunci “ getcode ” yang mana akan mencari data yang codenya sesuai dengan code yang dicari ” CodeDicari “ jika sesuai maka akan muncul “ DATA BARANG TELAH ADA “ jika tidak maka akan muncul “ DATA BELUM DIKETAHUI !”.  



    > mula-mula masukkan code data yang ingin di cari.



> maka data yang dicari telah ditemukan.  

5. TAMPILAN UNTUK MENGHAPUS DATA 

>> program ini untuk menghapus data yang tidak digunakan lagi di file gudang atau barang sudah habis. Sama dengan cara mencari barang dengan cara menggunakan “getcode” maka code barang yang ingin dihapus akan muncul.dengan memasukkan code barang yang ingin dihapus, jika code barang yang ingin di hapus di temukan maka akan keluar “ DATA TELAH TEHAPUS “ dan jika tidak maka akan menampilkan “ DATA TIDAK DITEMUKAN “. Jika telah ditemukan maka pada program ini akan menampilkan data yang tersisa, atau data yang belum terhapus.dalam hal ini fungsi dari “ remove (file)”untuk menghapus data dan data-data yang belum terhapus akan di copy ke dalam file yang baru “rename( file yang baru)”. 





    > pertama masukkan code barang yang ingin di hapus contoh” code barang :2”



> jika sudah ditemukan maka sisa data-data yang belum terhapus ditampilkan agar data yang terhapus benar-benar telah terhapus. 

6. TAMPILAN UNTUK MENGEDIT DATA

>program ini untuk menampilkan data-data yang ingin di-edit, mungkin dari segi code yang salah, nama barang yang kurang atau semacamnya. Dalam program ini kita memakai “fstream” karna type data ini dapat membaca dan dapat menampilkan data-data yang telah tersimpan alam file “txt.” Yang telah dibuat. Sama halnya dengan mencari dan menghapus data program ini menggunakan kata kunci code barang sebagai pencarian data yang ingin di-edit.



> sama seperti program hapus dan cari mula-mula masukkan code barang.



> contoh kita edit data yang kita masukkan dengan code 12 dati trus kita ganti dengan code:2,nama tidak berubah,banyak:30, harga:6000.






 
> jika sudah selesai maka kita buka program untuk melihat data keseluruhan.


 
Penutup

Mungkin begitulah pembahasan singkat tentang program yang saya buat ini. mungkin masih sederhana  di lain waktu saya akan meningkatkan lagi hasil program saya dan membagi dengan anda mohon maaf bila ada kesalahan dalam penjelasan saya mungkin bisa di krikit bila ada kesalahan karna klo gak ada kritikan seseorang itu tidak akan meningkat


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh










4 komentar:

  1. Balasan
    1. jika boleh, tolong kirim ke deathwish.agus@gmail.com

      Hapus
  2. tolong minta scripnya dong.please..
    kirim ke email saya ya ka tolong..
    jihanhamidi010797@gmail.com

    BalasHapus
  3. Boleh minta skripnya bang
    wiliagunaprezza@gmail.com
    Terima kasih

    BalasHapus

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)

Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang bebera...