Selasa, 04 September 2018

Pengertian Gns3

















Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

GNS3


Mungkin klo kalian lihat diatas ada dua logo gns3 yang sebelah kiri itu versi 0.8.6 dan yang kanan versi 2.9.1 ini adalah versi terbarunya.. mungkin dari kalian bingung melihat logo diatas hehe........:)ok langsung penjelasanya saja ya 
GNS3 atau Graphical Network Simulator 3 adalah emulator yang mungkin sudah banyak yang memakainya, tapi klo kaya saya agak kurang tau sih… hehe masih newbie. emulator ini sangat familiar jika ingin mempelajari atau mengambil sertifikasi jaringan dari Cisco (CCNA, CCNP, CCIE) tidak hanya itu juniper juga bisa di emulasikan di GNS3 ini mungkin yang ingin mengambil sertifikasi (JNCIA, JNCIE). Mungkin dari kebanyakan orang masih bingung untuk menjalankan emulator ini, tidak beda jauh dengan emulator yang pernah saya pakai dulu yaitu Packet Tracer, karna di GNS3 ini lebih bisa mengemulasikan Real Cisco IOS. Mungkin dari pengalaman saya menginstal GNS3 mungkin nanti kalian akan menemukan sedikit bug atau error. Karna saya menginstal di windows 10 jadi saya akan mencari tau solusinya yang saya install adalah GNS3 2.1.9 yang versi terbaru, sebelum itu saya juga pernah menginstal GNS3 yang versi lama yaitu versi 0.8.6 disitu memang tidak banyak bug tapi fitur dan IOS imagenya kurang lengkap. Dan juga software GNS3 ini gratis jadi mudah untuk mendownloadnya klik situs ini www.gns3.com disini kalian bisa download sofwarenya dan juga IOS Imagenya.
Ok sebelum menginstal GNS3 pastikan kalian sudah mempunyai Cisco IOS dan IOS Image yang kalian akan gunakan, karna di GNS3, Image IOS harus di install sendiri sesuai dengan project yang kalian kerjakan. Dan juga spesifikasi minimum komputer / laptop yang digunakan adalah Intel Core2Duo 2.0Ghz RAM 2GB untuk bisa menjalankan GNS3 dengan 2 sampai 6 router C3700 Series.
Pengertian GNS3
            GNS3 adalah sebuah program Grahpical Network Simulator yang dapat mensimulasikan topologi jaringan yang lebih kompleks dibandingkan dengan simulator lainya. Program ini dapat dijalankan diberbagai sistem operasi seperti Windows, Linux atau Mac OS, direkomendasikan menggunakan GNS3 dengan OS Windows dan Mac OS.

Fitur GNS3
Berbeda dengan packet tracer, gns3 tidak bersifat include :
1.    Tidak ada simulation mode. Karena yang disimulasikan adalah real device, aranya bisa menggunakan aplikasi sniffer seperti wireshark atau tcpdump.

A.      Dynamips: Emulator Router Cisco
Awalnya tujuan oaring-orang menggunakan gns3 biasanya untuk mensimulasikan perangkat Cisco. Gns3 memanfaatkan emulator dynamipsnya yang berguna untuk mengemulasikan Cisco IOS. Artinya, jika kita sudah punya image (OS) kita sudah bisa menggunakan di gns3.
Namun untuk switchnya di gns3 menggunakan IOS router sangat terbatas, ada fitur-fitur yang tidak bisa berjalan.

B.      Virtualisasi: Qemu, VMware, dan VirtualBox
Ada kalanya kita ingin mensimulasikan perangkat lain misalkan Windows / Linux server, MIkrotik, Juniper hingga perangkat high end seperti firewall Palo Alto, F5, ASA atau switch data center seperti Nexus atau Arista, dst.

Hampir semuanya sudah bisa disimulasikan di gns3. Kita perlu melakukan initial setting, bahkan beberapa diantaranya sudah memiliki template yang disediakan oleh developer gns3 sehingga kita hanya  memasukkan imagenya saja.

Semua perangkat diatas nanti bisa dihubungkan dengan perangkat-perangkat lain mesti berada dalam environtment yang berbeda.

C.      Docker Container
Dukungan docker memang masih baru diimplementasikan di gns3, tepatnya sejak gns3 versi 1.5 fitur ini berawal dari Goole Summer of Code yang diikuti oleh Goran Cetusic.
Kemudian akhirnya diselesaikan dan gns3 team hingga sekarang sudah bisa digunakan.

D.      IOU: IOS on Unix
Berbeda dengan simulasi Cisco IOS di dynamips, IOU (dikenal juga dengan IOL) atau IOS on Unix berjalan sebagai program (running as program) di lingkungan Unix.

Keuntungan, IOU membutuhkan resource yang jauh lebih kecil disbanding jika menggunakan dynamips. Malah di IOU kita sudah bisa menggunakan IOS 15 (terbaru), disbanding dynamips yang masih 12.54


E.       VPCS dan Perangkat Simulasi Build-in
Jika kamu pernah menggunakan Virtual PC simulator (VPCS), ini adalah sebuah program untu mensimulasikan komputer mini, fiturnya tidak banyak umumnya DHCP hingga tools network connectivity seperti PING. VPCS sangat berfungi sekali untuk mensimulasikan end device. Di GNS3 sudah includedan terintegrasi VPCS resource yang dibutuhkan sekitar 2MB.
Selain itu, jika membutuhkan virtual switch atau hub, juga sudah tersedia di GNS3. Hal ini berguna apabila kita tidak membutuhkan manageable switch di virtual lab.


F.       Intergrasi dengan Wireshark
Wireshark juga sudah terinegrasi dengan gns3. Artinya jika kita ingin menganlisa netwotk yang kita sudah buat, semua dapat kdilakukan dengan mudah.jika belum paham tentang networking model, lebih baik memulai pemahamanya dengan network simulation mode di packet tracer. Karena membaca hasil capture di wireshark relative sulit untuk pemula.

 Dan juga fitur – fitur lainya :
·         Desain jaringan kualitas tinggi dan topologi jaringan yang kompleks
·         Mengemulasikan berbagai platform Cisco IOS router, IPS, PIX dan ASA firewall, JUNOS
·         Simulasi Ethernet sederhana, ATM dan Frame Relay switch
·         Koneksi antara jaringan simulasi dengan jaringan yang sesunguhnya didunia nyata
·         Dapat dihubungkan ke jaringan fisik

Kelebihan menggunakan GNS3
·         Karena IOS nya adalah ral, maka kita seakan-akan melakukan konfigurasi pada router sesungguhan. Gns3 memungkinkan untuk menjalankan router high end (seri 3600 maupun 7200) yang tidak bisa dijalankan pada packet tracer. Pada gns3 kita juga dapat menjalankan router Firewall (PIX)

Cukup sekian, disini saya juga baru belajar menggunakan ini mungkin dari kalian ada yang lebih paham tentang ini tolong saran dan masukanya mengenai blog ini.....ok thanks...


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


1 komentar:

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)

Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang bebera...