Jumat, 19 Oktober 2018

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)



Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang beberapa aplikasi layanan Untangle. untuk selanjutnya saya akan menjelaskan tentang Backup & Restore dan Branding Manager.

Memahami Aplikasi Layanan Untangle

Backup & Restore dan Branding Manager.


1.     Backup & Restore

Adalah suatu hal yang sangat penting bagi suatu sistem. Backup sangat diperlukan apabila sistem terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan seperti sistem crash, dll. Jika mempunyai backup kita bisa mengamankan data kita dan bisa memulihkanya kembali.

A.      Backup Konfigurasi
                Ada dua cara untuk melakukan Backup, pertama kita bisa melakukan secara manual dengan                 memilih menu Config | System | Backup dan klik Backup to File untuk mendapatkan file                  backup.




Namun jika ingin memback-up rutin setiap harinya, cara ini tidak dapat otomatis dan harus manual.


Solusinya, anda bisa menggunakan Aplikasi Configurasi Backup. Jika anda membeli lisensi NG Firewall Complete, maka anda sudah mendapatkan aplikasi Configuration Backup secara otomatis samapi masa berlaku habis.

Configuration Backup dapat melakukan backup setiap malam, pada hari kemudian file backup akan dikirim kea kun lisensi dari Untangle yang kita gunakan. Dan bisa membackup di goole drive asalkan sudah Directory Connector sudah terinstal.




Untangle tidak mendukung backup secara otomatis dengan menggunakan Rsync.
A.      Restore Konfigurasi
Restore konfigurasi dapat dilakuakn dengan mudah dengan cara memilih menu Config | System | Restore. Terdapat 2 pilihan untuk melakukan restore data, yaitu:

·         Restore All Setting : pilihan ini akan melakukan restore konfigurasi semua sistem termasuk konfigurasi network yang dibuat.
·         Restore All Except Current Exiting Network Setting : pilihan ini akan melakukan restore konfigurasi semua sistem kecuali konfigurasi network yang ada saat ini.


Untuk melakukan restore, cukup klik Restore from file kemudia pilih backup yang kita dapatkan lewat Config | System | Backup atau aplikasi Configuration Backup




2.     Branding Manager
Branding manager adalah fitur yang digunakan untuk melakukan rebranding terhadap Untangle. Rebranding disini maksudnya mengubah seluruh logo dan informasi terhadap untangle menjadi 



logo yang diinginkan, misalnya menggunakan logo dan informasi perusahaan, organisasi atau sejenisnya.
Konfigurasi Branding Manager, jika sudah membeli lisensi untuk aplikasi ini secara otomatis kita sudah mendapatkan aplikasi ini :

·         Instal Branding Manager
·         jika sudah dipasang, buka aplikasi Branding Manager dan pilih menu Settings.

·         Contoh hasil rebranding logo


·         Contoh hasil Halaman Login





Mungkin cukup sekian, mungkin ini adalah blog terkahir tentang penjelasan Aplikasi Layanan Untangle. semoga bermanfaat untuk semuanya, disini kita sama-sama belajar, jika ada kesalahan dalam penjelasan tadi saya minta maaf, jika ada masukan atau ataupun saran saya sangat menerima dengan baik, dan sekali lagi terima kasih 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Referensi:

Putra, M Dhenandi, 2018, Next Generation Firewall berbasis Untangle,
Bekasi, Penerbit PT Excellent Infotama Kreasindo www.excellent.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)

Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang bebera...