Kamis, 04 Oktober 2018

Next Generation Firewall berbasis Untangle






Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

ok..dalam blog kali ini saya akan menjelaskan tentang Firewall dengan generasi terbaru dengan fitur yang lebih lengkap dan bersifat Opensource pokoknya sangat cocok untuk Administrastor jaringan.....


Next Generation Firewall berbasis Untangle


A.      Pengertian
Untangle adalah software atau perangkat lunak Next Generation Firewall satu bagian dari generasi ketiga teknologi firewall. Untangle menyatukan semua yang dibutuhkan untuk jaringan yang dikelola seperti, Web content, Spam filtering, Virus scanning, VPN, Multi WAN Fail Over & dll.
Untangle merupakan perangkat lunak terbuka yang memang ditujukan untuk menangani masalah pada jaringan seperti spam, virus, web filtering, dll yang ada pada perusahaan, instansi ataupun organisasi. Untangle sendiri menggunakan Debian sebagai sistem operasi yang digunakan.

gambar. interface dari NG Firewall Untangle


A.      Perbedaan NG firewall dengan Traditional Firewall

Untangle memiliki konsep new generation firewall, yang artinya untangle merupakan produk firewall yang dapat melakukan  pengamanan jaringan tidak hanya sampai layer 3 (network) melainkan sampai level aplikasi. Terdapat perbedaan antara NG Firewall dan Traditional Firewall, terutama dari segi fitur NG Firewall yang lengkap dibandingan dengan fitur Traditional Firewall berikut adalah beberapa perbedaanya:
·         Application Awareness
NG Firewall mampu melakukan monitoring traffic  dari layer 2 hingga layer teratas untuk dapat menentukan tipe data yang dikirim dan diterima. Sedangkan Traditional Firewall hanya mampu mendefinisikan paket berdasarkan port yang diakses.
Contohnya :
jika di Traditional firewall kita melakukan blocking Facebook, maka secara otomatis kita tidak dapat mengakses Facebook beserta aplikasi yang ada didalamnya. Nah sedangkan di Untangle kita dapat membatasi terhadap Facebook, kita dapat membolehkan user untuk menakses Facebook namun kita bisa membatasi user untuk menggunakan aplikasi yang ada di Facebook seperti game, chat, dll.

·         Identity Awareness
NG Firewall memiliki kemampuan untuk melacak identitas dari perangkat maupun pengguna. Biasanya menggunakan aplikasi seperti Active Directory atau RADIUS. Dengan cara ini, administrator tidak hanya dapat mengontrol lalu lintas berdasarkan IP Address atau port, namun juga berdasarkan nama pengguna tertentu.

·         Integrated IPS (Intrusion Protection system)
IPS bertanggung jawab untuk mendeteksi serangan berdasarkan sejumlah teknik yang berbeda, termasuk ancaman tanda tangan digital palsu, serangan eksploit, aktivitas anomali dan analisa perilaku yang terjadi pada jaringan. Fitur ini digunakan untuk menganalisa suatu kebiasaan user karena memetkan pola dari periaku user, bila ada yang aneh maka firewall akan mencermati apakah memang benar valid dan sah.
Contohnya:
Perbedaan akse geografis, apabila kita mempunyai sebuah aplikasi internal pada kantor. Biasanya, sehari-sehari kita mengakses aplikasi itu di wilayah Indonesia, namaun suatu saat ada yang mengakses diluar wilayah Indonesia maka NG Firewall akan memberi peringatan  ada yang mengakses aplikasi tersebut di wilayah lain.

·         Router and Bridge Mode
Secara default, firewall bisa ditempatkan sebagai router mode, dimana firewall menjadi pintu masuk dan petunjuk arah terhadap tujuan yang dimaksud.
Ø  Router Mode
Disini Untangle bertindak sebagai Router, dan Firewall serta Gateway terhadap jaringan yang ada dibawahnya. Untuk menggunakan mode router diharuskan memiliki minimal 2 interface yaitu Interface External (koneksi ke Internet) dan interface Internal (Koneksi Lokal).

Ø  Bridge Mode

Bridge mode (Transparent Bridge) berarti Untangle dipasang diantara router exiting dan main switch. Apabila kita sudah memiliki router existing yang confignya udah komplek dan tidak ingin diubah, namun ingin memasang Untangle pada jaringan kita dapat menggunakan pada mode ini. Untangle ini bersifat transparan atau tidak terlihat, dan satu network dengan pengguna lain artinya tidak perlu mengubah default gateway pada tiap komputer pada jaringan.

A.      Benefit Menggunakan Untangle
Secara prinsip, Untangle sebuah distro linux yang diperuntukkan untuk Firewall Appliance, berikut beberapa benefit menggunakan Untangle:
·         Open Source
·         Handal
·         Harga Terjangkau
·         User Friendly

A.      Skema Lilsensi Untangle

·         Hardware and Software
gambar. Hardware Untangle M3000


 Untangle menyediakan beberapa pilihan, apabila kita sudah mempunyai alokasi server untuk Untangle, kita dapat mengunduh installer pada website resmi atau mirror yang ada dan memasangnya pada server yang telah disediakan. Namun bagi pengguna yang tidak mau repot dan ingin membeli Untangle secara keseluruhan, Untangle menyediakan Untangle Appliance, ini merupakan perangkat keras yang sudah terpasang fitur untangle.

·         Metode Subcscription

Untangle menggunakan skema bulanan / tahunan dimana lisensi harus dibayar setiap tahunya dan harus diperbaharui jika tetap ingin menggunakan fitur yang ada pada Untangle. Jika lisensi tidak diperpanjang, maka secara otomatis layanan Untangle akan terhenti.

·         Concurrent Connection

Untangle menghitung device atau perangkat client yang terhubung, mulai dari Up to 25 Device, Up to 50 Device, Up to 75 Device, hingga Unlimited Device. Lisensi maksimal host dapat dibeli selama kelipatan 25.

·         Satuan atau komplit

Untangle memiliki 2 skema lisensi, jadi lisensi untangle bisa dibeli per-fitur sesuai dengan kebutuhan tanpa harus membeli semua fitur yang ada.

A.      Fitur-fitur Untangle
Ø  Fitur Berbayar:
-          Web Filter
-          SSL Inspektor
-          Live Support
-          Policy Manager
-          Branding Manager
-          WAN Failover
-          WAN Balancer
-          IPsec VPN
-          Application Control
-          Web Cache
-          Bandwidth Control
-          Virus Blocker
-          Spam Blocker
-          Directory Connector

Ø  Fitur Gratis :
-          Web Monitor
-          Application Control Lite
-          Virus Blocker Lite
-          Phish Blocker
-          Intrusion Prevention
-          Firewall
-          OpenVPN
-          Report
-          Spam Blocker Lite
-          Captive Portal
-          Ad Blocker
-          Tunnel VPN


Mungkin cukup sekian dari blog penjelasan tentang NG Firewall ini jika ingin mendownload installer dalam format ISO atau firmware bisa klik di sini , semoga bermanfaat untuk semuanya, disini kita sama-sama belajar, jika ada kesalahan dalam penjelasan tadi saya minta maaf, jika ada masukan atau ataupun saran saya sangat menerima dengan baik, dan sekali lagi terima kasih


Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh








Referensi:

Putra, M Dhenandi, 2018, Next Generation Firewall berbasis Untangle,
Bekasi, Penerbit PT Excellent Infotama Kreasindo www.excellent.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)

Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang bebera...