Jumat, 19 Oktober 2018

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (1)


Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang fitur Filtering Untangle sekarang kita akan membahas Untangle Service (layanan Untangle). Untangle Service merupakan layanan yang bersifat global dan tidak dapat dibagi per-policy. Beberapa contoh Untangle service adalah Policy Manager untuk pemisah policy , Report untuk laporan terkait statistic untangle yang ada, VPN server dll.

untuk yang pertama saya akan menjelaskan tentang Report dan Policy Manager.

Memahami Aplikasi Layanan Untangle

Report & Policy Manager





1.     Report
Report adalah salah satu fitur Untangle yang memberikan laporan statistic terhadap lalu lintas dan aktivitas pada jaringan.report dapat dilihat dari online, baik melalui antarmuka web administrasi atau melalui antarmuka yang terpisah (contoh: email) untuk pengguna khusus non-administrator yang mencakup informasi dasar perihal laporan aktivitas yang ada pada jaringan.


Selain itu juga dapat memback-up dalam berbagai format, salah satunya di Google Drive untuk penyimpanan dalam jangka panjang.

Berikut menu yang ada pada Report:

·         Status
Pada tab ini menunjukan status apakah fitur ini diaktifan atau tidak.

·         All Report
pada tab ini menjelaskan tentang daftar laporan yang ada saat ini termasuk semua laporan default maupun laporan dari aplikasi yang sudah kita install.

·         Data
Data adalah tab yang paling diperuntukan untuk menentukan retensi log dari report. By default retensi log sudah terisi selama 7 hari. Namun, bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan kita.
Maksud dari retensi selama 7 hari adalah, log report selama 7 hari akan disimpan, dan dihari selanjutnya akan disimpan kemudia log dihari pertma akan dihapus, begitu seterusnya.

·         Email Template
Tab ini dapat menentukan template email yang akan dikirim. Tab ini berkaitan dengan tab selanjutnya yaitu Report User.
Selain itu kita dapat menspesifikasi laporan apa yang hendak dikirm, misalkan kita hanya ingin laporan yang terkait dengan user siapa saja yang login ke Captive Portal Untangle cukup pilih > Add dan sesuaikan dengan laporan yang ingin dimasukkan.

·         Report User
pada tab ini kita akan menentukan siapa yang dapat menerima laporan yang telah dibuat pada tab Email Template. Laporan tersebut dikirm dalam bentuk email, jadi penerima tidak perlu membuka via Web Administrasi.


pesan email yang didapatdari fitur Report Untangle:




·         Name Map
Pada tab ini dapat menentukan (hostname) dari suatu host, biasanya Untangledapat menentukan hostname secara otomatis vis DHCP atau metode lainya. Hanya saja, jika untangle tidak bisa menentukan hostname secara otomatis. Maka kita bisa endefinisakn satu persatu pada tab ini selain pada host.



2.     Policy Manager
adalah salah satu fitur Untangle yang paling powerfull. Policy Manager bekerja dengan memungkinkan kita untuk membuat beberapa kebijakan, merupakan kumpulan aplikasi yang berbeda yang dikonfigurasi secara berbeda, untuk berbagai kasus pengguna.

Misal kita ingin mendefinisikan Web Filter terhadap mahasiswa dan dosen tidak perlu menggunakan Web Filter ini. Dan juga menjalankan Captive portal dan Aplication Control pada waktu-waktu tertentu.

Keunggulan menggunkana Policy Manager:
-          Dapat membuat multipolicies terhadap user, host, network, interface, jam, dll.
-          Kita dapat memilih aplikasi apa saja yang berjalan pada setiap policy-policy.
-    Dapat melakukan konfigurasi aplikasi dalam policy terpisah dalam waktu yang sama menggunakan Parent Policy. Untuk penjelasan Parent Policy ada pada bagian selanjutnya.

·         Status
pada menu ini ditampilkan status dan static pada Policy Manager

·         Policies
Pada menu ini terdapat policy-policy yang telah kita buat sejak untangle pertama kali dipasang, untangle sudah memiliki 1 policy bawaan dengan nama Default Policy.
Yatu policy dengan rule yang sudah dibuat.

Penjelasan:
o   Dalam kasus yang sudah dijelaskann diatas, kita memiliki 3 policy yaitu “mahasiswa”,    ”dosen”, “administrator”.
o   Policy Mahasiswa, Dosen adalah child policy dari Default Policy yang berarti parent. Maksudnya merupakan sebuah policy yang konfigurasinya mengikuti parent policy.
o   Jika child policy mengikuti parent, diperuntukan untuk konfigurasi yang sama terhadap aplikasi yang ada. Missal kita ingin menyamakan konfigurasi terhadap mahasiswa yang menggunakan wireless atau lab. 

·         Rules
Pada menu ini, kita dapat menentukan klient mana yang termasuk dalam kategori policies yang telah dibuat, hal tersebut bisa ditentukan melalui IP, username, host, waktu, dll.








Mungkin cukup sekian, tunggu untuk blog kedua tentang penjelasan Aplikasi Layanan Untangle. semoga bermanfaat untuk semuanya, disini kita sama-sama belajar, jika ada kesalahan dalam penjelasan tadi saya minta maaf, jika ada masukan atau ataupun saran saya sangat menerima dengan baik, dan sekali lagi terima kasih 



Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh




Referensi:

Putra, M Dhenandi, 2018, Next Generation Firewall berbasis Untangle,
Bekasi, Penerbit PT Excellent Infotama Kreasindo www.excellent.co.id


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Memahami Aplikasi Layanan Untangle (4)

Pada blog kali ini saya akan melajutkan dari pembahasan dari Aplikasi Layanan Untangle. Kemaren kita sudah mempelajari tentang bebera...